Wednesday, February 23, 2011

3 Incar Posisi Nomor Empat di Industri Seluler Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Sukses membukukan penambahan pelanggan yang signifikan pada tahun 2010, rupanya membuat manajemen Huchitson CP Telecommunication (HCPT) optimistis mampu menduduki peringkat empat dalam industri seluler di Indonesia.

'Kami ingin menjadi satu dari empat operator terbesar di Indonesia,'' kata head marketing HCPT, Mustafa Kapasi di Jakarta, Rabu (23/2). Mustafa mengakui memperhatikan iklim kompetisi yang semakin ketat saat itu, pihaknya harus bekerja keras.

Dalam upaya membangun customer base, pihaknya menawarkan tarif yang affordable untuk semua layanan, baik voice, data maupun SMS. Ia berharap pendekatan ini menarik perhatian pelanggan baru, termasuk pelanggan yang menggunakan operator lain.

Mustafa enggan mengungkapkan berapa pelanggan yang akan dibidik tahun ini. Ia hanya memastikan bahwa tahun 2011 3 harus tumbuh, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Ia juga enggan memberikan komentar mengenai average rate per user (ARPU) pelanggan 3 tahun 2010 maupun 2011. ''Bagi kami ARPU bukan prioritas. Harapan kami customer based semakin baik,'' kilahnya.

Ihwal tarif murah dan aneka bonus yang ditawarkan pelanggan, apakah tidak membuat revenue 3 semakin rendah. Mustafa menyatakan bahwa situasi seperti tak bisa dihindari. Karena struktur tarif seperti ini cocok diterapkan di Indonesia.

'Dilihat dari pendapatan, mungkin Tri mendapat keuntungan lebih kecil dibandingkan operator lain, karena kami memberikan tarif lebih murah. Tapi, kami bisa menerima keadaan itu,' paparnya.

Karena itulah, tidak menjadi soal berapa pengeluaran kelompok berpendapatan tinggi dan kelompok berpendapatan rendah. ''Karena pada dasarnya mereka menginginkan tarif yang murah. Kami memberikan apa yang mereka inginkan,'' katanya.