Friday, February 25, 2011

Kurang Info Sutradara Gagap Menyampaikan Film Dokumenter


Sutradara Indra Tirtana yang juga menyutradarai film MISTERI HANTU SELULAR, berkeinginan untuk membuat sebuah film semi dokumenter mengenai proklamator. Akan tetapi dirinya dihadapkan dengan kendala untuk data sejarah yang ada dan hanya orang luar yang memilikinya. Bagi Indra ini adalah sesuatu hal yang lucu karena sejarah negara sendiri tapi yang mempunyai orang luar.


“Saya sendiri mau. Tapi ini ada konsekuensi karena setiap sineas pasti akan gagap karena tidak ada data-data di Indonesia yang lengkap. Mungkin negara lain yang punya. Ini lucu,” ujarnya saat dijumpai di pekayon Pejaten, Jakarta Selatan, Rabu (23/2).


Bagi Indra data tersebut sangat perlu agar filmnya bisa tersampaikan dengan benar dan tak ditambah-tambahi.


“Memang banyak orang yang salah anggapan mengenai tokoh A, misalnya seperti Bung Karno apakah benar seperti itu maka kita harus punya data konkrit dan premisnya. Supaya tidak gagap dan pantas menyampaikan filmnya,” paparnya.


Permadi juga angkat bicara, bahwa film tentang Bung Karno sudah ada seperti LIVING DANGERIOUSLY. Namun isi film tersebut banyak menjelek-jelekan. Menurut Permadi sudut pandang film tersebut bisa diambil dari mana saja tergantung siapa yang membuat filmnya.


“Kalau dia yang bikin politis, maka segi politisnya yang diangkat, kalau dia pengagum maka yang baik baiknya, tapi kalau seorang pembenci Bung Karno maka akan dibuat yang jelek-jeleknya,” tukasnya.