Friday, February 25, 2011

Kontroversi Akun Twitter @Tifsembiring

Sang Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring angkat bicara mengenai akun twitter @Tifsembiring. Ia berkilah akun tersebut dibuat dan dikelola oleh orang lain.


Pernyataan tersebut muncul setelah munculnya berbagai protes mengenai kalimat-kalimat kontroversial yang sering dikeluarkan akun tersebut terhadap berbagai kejadian. Beberapa anggota dewan yang ikut serta dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi I DPR RI dengan menkominfo ikut mempertanyakan keaslian akun tersebut.


“Saya penasaran saja, twitter pak Tif itu apa memang benar Anda yang buat sendiri? Karena saya merasa twit-twit itu bukan seperti karakter bapak,” ujar sang pakar telematika Roy Suryo saat menggelar rapat dengar pendapat (RDP) antara kemenkominfo dengan Komisi 1 DPR RI, di gedung DPR, senayan Jakarta, Senin (17/1/2011).


Aktris sekaligus politisi partai Gerindra, Rachel Maryam, pun ikut gemas menimpali twit-twit yang turun dari akun @tifsembiring.


“Kenapa bapak malah menjelaskan kebijakan di twitter yang tidak formal kenapa tidak di media massa lebih formal, dan jadi tidak kontroversial,” ujarnya.


Berbagai kecurigaan tersebut akhirnya dijawab oleh Tifatul. “Tidak, saya tidak sempat untuk isi itu sudah terlalu banyak kerjaan. Sehingga memang ada staf saya. Dan saya akui saya tetap harus bertanggung jawab,” ujarnya menjelaskan.


Jawaban tersebut melegakan hati para pejabat publik lainnya, termasuk Tantowi Yahya. “Kita sendiri tidak nyaman karena pejabat publik bisa diperolok sedemikian rupanya di Twitter. Kenapa selama ini tidak memberikan klarifikasi sampai akhirnya nama bapak jadi jarang bagus?” ungkapnya.