Thursday, February 24, 2011

Boeing Menang Kontrak 3,5 Miliar Dolar

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat memberikan Boeing kontrak besar untuk memasok alat militer berupa pesawat tanker pengisian bahan bakar udara untuk Angkatan Udara, mengalahkan saingannya, EADS Eropa, Kamis (24/2/2011).

Pengumuman Pentagon mengakhiri upaya hampir 10 tahun oleh Angkatan Udara untuk mulai menggantikan armada kapal tanker dibangun yang Boeing tahun 1950-an.

Mengumumkan bagian pertama dari kontrak, Pentagon mengatakan: "Boeing Co. of Seattle, Washington, dianugerahi kontrak perusahaan dengan insentif harga tetap senilai lebih dari 3,5 miliar dolar AS untuk pembangunan rekayasa dan manufaktur KC-X yang akan memberikan 18 pesawat pada 2017."

Raksasa dirgantara AS yang berbasis di Chicago itu meraih kesepakatan untuk kontrak, yang pada akhirnya dapat ditingkatkan untuk melibatkan 179 pesawat tanker, senilai diperkirakan 35 miliar dolar.

Senator negara bagian Washington Patty Murray cepat menyambut berita itu sebagai kemenangan untuk Boeing dan kemenangan bagi negara.

"Keputusan hari ini yang lama ditunggu-tunggu oleh Pentagon adalah yang tepat untuk militer kami, pembayar pajak dan pekerja kedirgantaraan bangsa kita," kata Murray dalam pernyataan.

"Pada saat ekonomi kita sakit dan pekerjaan kedirgantaraan membayar baik adalah penting untuk pemulihan kami, keputusan ini adalah berita besar bagi pekerja terampil dari Everett dan ribuan pemasok di seluruh negeri yang akan membantu membangun tanker ini penting bagi Angkatan Udara kami."

Murray mengatakan keputusan itu sesuai dengan seruan Presiden Barack Obama untuk out-innovate seluruh dunia. "Keputusan ini merupakan kemenangan besar bagi pekerja Amerika, industri kedirgantaraan dan militer Amerika."