Thursday, February 24, 2011

Google Sumbang Dana USD2,7 Juta untuk Jurnalisme

keDtFj35Ik Google Sumbang Dana USD2,7 Juta untuk Jurnalisme Google

CALIFORNIA – Google mengumumkan kalau mereka akan menyumbang dana sebesar USD2,7 juta kepada International Press Institute untuk pengembangan inovasi dalam jurnalisme.

International Press Institute yang berbasis di Vienna tersebut akan menggunakan dana ituuntuk IPI News Innovation Contest, yang mana akan mendanai proyek profit dan non-profit, yang berhubungan dengan pengembangan platform berita digital, jenis usaha baru untuk jurnalisme serta pelatihan pelaporan berita digital untuk wilayah Afrika, Eropa dan Timur Tengah. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Jumat (25/2/2011).

Dana sebesar USD2,7 juta tersebut merupakan bagian dari dana USD5 juta yang dijanjikan oleh Google untuk didonasikan kepada organisasi non-profit yang bekerja untuk pengembangan jurnalisme digital pada bulan Oktober 2010 lalu.

Sebelumnya pada waktu itu (Oktober 2010), Google telah menyumbang USD2 juta kepada Knight Foundation di AS dan berjanji untuk menyisakan USD3 jutanya untuk dunia pemberitaan internasional.

Sama seperti International Press Institute, proyek open-source Knight Foundation juga berhubungan dengan inovasi dalam pelaporan digital dan mobile, jenis ekonomi baru untuk berita, dan pengembangan komunitas.