Friday, March 11, 2011

Belum Ada WNI Tewas Akibat Tsunami Jepang

Meski korban akibat gempa di Jepang telah mencapai ratusan orang, namun hingga saat ini belum ada WNI yang menjadi korban tewas. WNI yang berada di Jepang, khususnya di wilayah Miyagi dan Kota Sendai telah berada di tempat yang aman setelah terjadi bencana gempa sebesar 8,9 SR siang tadi.



'Sampai saat ini belum ada kabar mengenai WNI yang menjadi korban. Bahkan saya dengar, yang di daerah Miyagi yang merupakan daerah paling parah terkena gempa, para WNI sudah aman di tempat penampungan,' kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Michael Tene saat dihubungi detikcom, Jumat (11/3/2011) malam.



Michael menambahkan, walaupun sempat terjadi masalah komunikasi yang disebabkan oleh gempa, namun Kedutaan Besar RI di Jepang masih bisa menghubungi komunitas WNI di Jepang.





'Mereka (Kedubes RI di Jepang) memfokuskan untuk memastikan kondisi dari warga kita. Itu prioritas kita saat ini. Sampai tadi sore memang ada hambatan komunikasi melalui telepon, tetapi kemudian Kedubes menggunakan internet seperti mailing-list untuk berhubungan dengan masyarakat kita untuk memastikan kondisi mereka,' katanya.



Menurut data dari Kementerian Luar Negeri Indonesia, saat ini ada 31.517 orang WNI yang berada di Jepang.