Friday, March 11, 2011

Tujuh Bulan tanpa Gaji, Pemain Deltras Ancam Mogok Main

002arema indonesia Tujuh Bulan tanpa Gaji, Pemain Deltras Ancam Mogok Main


SIDOARJO: Para pemain Deltras Sidoarjo mengancam mogok bertanding saat menghadapi Bontang FC pada pertandingan Liga Super Indonesia di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (12/3), karena gaji mereka selama tujuh bulan belum dibayar.

Asisten pelatih Deltras Nus Yadera di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (11/3) mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak menghadapi ancaman tersebut, karena pemain memang memiliki hak untuk menuntut pembayaran gajinya.

“Mau bagaimana lagi kalau kondisinya memang seperti itu. Kami sendiri juga sudah menyiapkan pemain tim Deltras U-21 untuk mengantisipasi jika pemain-pemain utama benar-benar mogok main,” ujarnya.

Bahkan sejak tiga hari terakhir, para pemain Deltras sudah menolak berlatih, termasuk saat sesi latihan pagi yang biasa dilakukan menjelang pertandingan.

Dalam laman jejaring sosial, seorang pemain asing Deltras juga menuliskan status “no pay, no play” (tidak ada bayaran, tidak akan bermain).

Tuntutan pemain kepada manajemen Deltras untuk segera menyelesaikan pembayaran gaji yang tertunggak, sudah dilakukan beberapa kali. Namun, manajemen Deltras hanya melontarkan janji-janji, karena kondisi keuangan memang sedang krisis.

Nus Yadera mengatakan masalah internal ini memang membuat pemain resah dan tidak bisa fokus menghadapi pertandingan, kendati di laga kandang sebelumnya selalu meraih kemenangan. “Kami harus tetap bertanding karena jika kami tidak menjalani pertandingan melawan Bontang FC, sudah pasti kehilangan poin dan terkena sanksi,” ujar Nus Yadera.

Menurut ia, saat ini ada sekitar sembilan pemain Deltras U-21 yang telah disiapkan, tetapi tidak semuanya bisa dimainkan karena aturan Manual Liga hanya boleh memasukkan lima pemain ke tim senior.

Kendati demikian, Nus Yadera mengungkapkan masih ada sejumlah pemain senior yang bersedia tampil melawan Bontang FC, di antaranya Fahmi Amirudin, Juni Irawan, Steven Hesketh, dan Park Chan-young.

Sementara itu, pelatih Bontang FC Fachri Husaini yang dihubungi terpisah mengaku tidak terpengaruh dengan kondisi yang dialami Deltras dan tetap fokus menyiapkan timnya.

“Kami tidak ingin terbawa dengan masalah yang dialami Deltras, karena sebenarnya kondisi mereka juga tidak jauh beda dengan kami,” katanya.

Mantan pemain nasional itu menambahkan timnya akan berjuang maksimal untuk mendapatkan poin dari Deltras dan siap menurunkan formasi terbaik. (Ant/OL-2)