Saturday, March 5, 2011

Artega SE Mobil Listrik Asal Jerman

Ajang Geneva Motor Show yang kini sedang berlangsung memang menjadi acara penting bagi pelaku industri otomotif seperti Mercedes-Benz, Porsche, BMW, Lamborghini. Tidak ketinggalan salah satunya produsen mobil asal Jerman, Artega.



Artega menghadirkan mobil listrik yang disebut Sport Electric (SE) seperti dikutip worldcarfans, Sabtu (5/3/2011).



Artega SE hadir dengan tampilan sport car yang futuristik. Artega SE merupakan hasil pengembangan Artega GT mesin konvensional. Artega SE memiliki bobot 1.400 kg atau 100 kg lebih ringan dari Artega GT.



Artega SE dibekali motor listrik yang disematkan di poros belakang. Motor listrik tersebut bisa mengeluarkan tenaga 280 kW (380 PS/275 bhp). Dengan bobot yang tidak terlalu berat, Artega SE bisa bergerak dari titik 0-100 km/jam dengan hitungan waktu 4,3 detik.



Dengan segala pengembangan, Artega SE dilengkapi baterai lithium-ion polimer dengan tegangan 350 V. Baterai itu bisa menjangkau jarak sejauh 300 km dengan sekali pengisian, berdasarkan uji coba New European Driving Cycle (NEDC) di Eropa.



Namun, pihak pengembang tidak ingin sumringah. Artega mengklaim Sport Electric cukup aman dengan menjangkauan jarak sejauh 200 km lewat sekali pengisian selama 90 detik.





'Tujuan kami adalah untuk mengkombinasikan tanggung jawab terhadap lingkungan dan semangat dalam berinovasi sebuah mobil,' kata CEO Artega Automobil Peter Muller.



Rencananya Artega SE akan diproduksi secara terbatas setiap tahunnya yakni sebanyak 500 unit saja di salah satu fasilitas di Delbruck, Jerman. Artega diproduksi massal mulai tahun ini atau paling lambat tahun depan. Sayangnya pihak Artega enggan menginformasikan harga SE.