Saturday, March 5, 2011

Mari Beralih Ke Operating System Linux.

Sekilas tentang Linux:

Linux adalah salah satu Operating System yang menggunakan lisensi GNU (baca: gratis). Pertama kali dibuat oleh salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinki yaitu Linus Torvalds. Tux sebagai maskot dari OS Linux dibuat oleh Larry Ewing pada tahun 1996. Disebut Tux pertama kali oleh James Hughes yang diambil dari kata Trovalds Unix. Tux dibuat pertama kali untuk mengikuti lomba desain logo Linux. Walaupun tidak menjadi juara pada lomba tersebut, Trovalds memilih linux sebagai maskot (berdasarkan sumber yang tidak jelas, Trovalds pernah dipatuk pinguin saat pergi ke kebun binatang).



Keuntungan OS Linux :



1. Bebas dari Crash

Linux dapat berjalan selama bertahun-tahun tanpa direstart, meskipun beberapa program di Linux terkadang crash tetapi tidak semua program yang berjalan di Linux harus di restart.





2. Keamanan

jauh lebih aman dari pada Windows. Keamanan diLinux bekerja berdasarkan superuser, yang mana izin untuk mengatur sistem hanya terdapat pada satu account yaitu root.





3. Gratis dan Dapat di Sebarluaskanh

Keuntungan terbesar dari Linux adalah bisa diperoleh dengan cuma-cuma. Update untuk semua software terbaru juga dapat diperoleh secara cuma-cuma. Tidak hanya itu, jika ingin software lebih banyak lagi dapat di download di internet. Karena software Linux gratis maka filenya dapat di bagi-bagi dengan orang lain.



4. Kompatibel dengan Hardware Lama

Linux dapat diinstall di hardware lama tanpa membebani sistem. Linux dapat menghidupkan kembali komputer-komputer lama, lalu menggunakannya sebagai server hingga workstasion. Sebagian besar komputer yang menggunakan Linux adalah server dan tidak tertutup kemungkinan untuk workstation. Linux sangat fleksibel dalam hal ini.





5. Emergency Rescue

Linux bisa menjadi penyelamat data berkat kemampuannya berjalan pada modus LiveCD dan berjalan pada memory sistem (CD bisa dikeluarkan). LiveCD yang ada banyak yang sudah dilengkapi dengan tools anti virus(plus kemampuan definition update secara life, tools partisi, FTP client, SSH, Rsync dan tools backup+restore, burning maupun kemampuan koneksi dengan internet secara simultan. Windows memang ada yang bisa berjalan pada modus LiveCD namun dari testing yang saya lakukan, fungsinya tidak sebanyak yang bisa disediakan oleh Linux LiveCD.



Nah di atas adalah penjelasan tentang keuntungan menggunakan OS Linux, skarang ane mau nyoba memperkenalkan macem2 distro yang ada di OS Linux.

Cekibrooooot Gan :



1. Arch Linux

Arch Linux (atau Arch) adalah sebuah sistem operasi yang didesain untuk menjadi ringan dan sederhana. Pendekatan desain pengembang distro ini berfokus pada kesederhanaan, keanggunan, kebenaran program dan minimalisme.






2. Blankon

BlankOn Linux adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.






3. Centos

CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat) adalah sistem operasi gratis yang dibuat dari source code Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Proyek ini berupaya untuk 100% binari kompatibel dengan produk hulunya (RHEL). Dan tentu saja menggunakan paket RPM.






4. Debian

Debian adalah sistem operasi bebas yang dikembangkan secara terbuka oleh banyak programer sukarela(pengembang Debian) yang tergabung dalam Proyek Debian. Sistem operasi Debian adalah gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux.






5. Fedora

Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat.






6. GOS

gOS merupakan distro linux yg sangat cocok untuk diinstall di netbook anda. Distro ini merupakan turunan dari ubuntu, tampilan desktopnya begitu cantik dan terdapat gadget-gadget dari google yg sudah terinstall didalam gOS.






7. Knopix

Knoppix adalah distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Knoppix memiliki ragam aplikasi yang cukup lengkap dan dapat dipergunakan sebagai demo atau sarana belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard disknya. Knoppix juga dapat dipergunakan sebagai CD rescue.






8. Mint

Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.






Spoiler for 9. Mandriva

Pada bulan Februari 2004, Mandrakesoft kalah dalam suatu kasus di pengadilan terhadap Hearst Corporation, pemilik King Features Syndicate. Hearst menuduh MandrakeSoft melanggar hak cipta karakter King Features bernama 'Mandrake the Magician'. Sebagai tindakan pencegahan, Mandrakesoft mengganti nama produknya dengan menghilangkan spasi antara merek dan nama produk serta mengubah huruf pertama dari nama produk menjadi huruf kecil, sehingga menjadi satu kata. Mulai dari versi 10.0, Mandrake Linux dikenal sebagai Mandrakelinux, demikian pula logonya.






10. Opensuse

SUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional, adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH.




11. PC Linux OS

PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.






12. Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan, 'Ubuntu' berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti 'rasa perikemanusian terhadap sesama manusia'.