Saturday, March 5, 2011

Ternyata Ada Situs Berisi Kumpulan Ratusan Game Lawas / Jadul Gratis

Rindu main gim (game) PC jadul? Atau ada gim yang dulu populer tapi Anda belum pernah mencobanya? Gampang. Ada dua situs yang menyediakannya dan jumlah judulnya banyak sekali. Situs yang dimaksud adalah Abandonia, sebuah situs yang memfokuskan diri pada abandonware, yaitu program mainan-mainan lawas yang umumnya masih berbasis MS-DOS, jaman sebelum Windows 95. Sekarang semua itu menjadi gratis.







Definisi abandonware menurut Abandonia secara umum adalah perangkat lunak permainan yang telah ditinggalkan pengembangnya. Mungkin perusahaannya sudah bangkrut atau menganggap gim yang mereka kembangkan sekian tahun lalu tak penting lagi untuk dilindungi hak edarnya. Secara khusus ada tiga kriteria spesifik:

  1. Gim harus sudah tidak dijual di pasar ritel dan tak lagi didistribusikan oleh penerbit maupun oleh pengecer yang sah dalam bentuk apapun.

  2. Dukungan resmi untuk gim harus telah ditiadakan, baik oleh penerbit maupun pengembang.

  3. Gim tak berada di bawah perlindungan aktif dari badan anti pembajakan misalnya, seperti Entertainment Software Association, atau langsung oleh pemegang hak cipta sendiri. Jika pemegang hak cipta yang sah ingin menghapus gim (dari situ), tiap tautan (link) pengunduhan (download) di situs ini harus dihapus oleh pengurus.





Gim-gim legendaris seperti Caesar II, seri Doom, Tycoon, dll bisa Anda temukan di sini. Selain di Abandonia ada juga situs kembarannya, yaitu Reloaded. Tiap judul gim disertai satu set screenshot, review tertulis, dan testimoni oleh anggota. Sebagai situs non-profit, baik Abandonia dan Abandonia Reloaded adalah proyek komunitas macam di Linux. Kita tinggal pilih saja genre apa yang diinginkan dan donlot sepuasnya. Buat para orang tua yang anaknya mulai kenal komputer bisa juga memakai situs ini untuk memilihkan mainan gratis buat mereka.





Situs ini dikelola orang-orang dari berbagai negara, termasuk di antaranya Belgia, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, Polandia, dan Kroasia. Saat ini Abandonia telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman, Spanyol, Perancis, Belanda, Portugis, Swedia, Italia, Denmark, Polandia, Kroasia, Norwegia, Slovenia, Islandia, Slovakia dan Rumania, di samping Bahasa Inggris yang utama.