Saturday, March 5, 2011

BOLA itu BULAT atau BUNDAR??



image

Ada perbedaan yang cukup jelas menurutku antara ‘bulat’ dengan ‘bundar’.
BULAT, adalah bentuk bola yang sesungguhnya, sedangkan BUNDAR hanyalah bentuk bola yang terlihat.

Ada sesuatu yang menurutku istimewa pada bentuk bola ini.
Bentuk BOLA hanya bisa dikatakan benar jika dari semua sudut pandang menyebutkan bentuknya BUNDAR.

Sebagai contoh; pada sebuah tabung, hanya dua sudut pandang saja (samping kiri dan kanan) yang menyebutkan bentuknya bundar, sedangkan empat sudut pandang lainnya (atas, bawah, depan dan belakang) akan menyebutkan bentuknya persegi empat.

Bentuk lain yang memiliki keistimewaan hampir sama dengan bentuk bulat adalah KUBUS.
’Semua’ sudut pandang akan menyebutkan kubus dengan bentuk KOTAK, tapi [harus] digarisbawahi bahwa kata ‘semua’ dalam hal ini hanya berjumlah 6 (enam) arah semata. Ketika sudut pandang dari salah satu arah bergeser beberapa derajat, maka bentuk yang terlihat tidak akan sama lagi.
Berdeda dengan BULAT yang sungguh sempurna, pergerakan arah sudut pandang sekecil atau sebesar apapun, bentuk yang terlihat akan tetap sama.

Ada ‘pelajaran’ yang mungkin bisa kita ambil.
Misalnya kita analogikan saja persepsi [bola..bulat..bundar] ini pada suatu ‘kasus’ yang mungkin sering kita dengar yaitu “KEBENARAN”.
Ada banyak orang.. atau mungkin beberapa orang.. atau mungkin juga hanya sedikit orang saja, meng’klaim’ bahwa apa yang diyakininya adalah BENAR.
Apakah ada dalam pikiran’nya’ bahwa mungkin saja orang lain punya pandangan berbeda dengan apa yang dilihatnya (diyakininya).
Seperti bola tadi, dia akan dikatakan bulat jika dilihat dari semua sudut pandang berbentuk bundar.
Perhatikanlah kawan, bahkan semua ‘orang’ dari segala penjuru pun yang melihat bentuk yang sama, tidak mengatakan bentuknya bulat, melainkan bundar (padahal bola kan bentuknya bulat).
Hal ini menunjukkan bahwa kita bisa mengetahui ‘wujud’ yang sesungguhnya dari ‘sesuatu’ hanya jika kita telah melihatnya tidak hanya dari satu sudut pandang/ persepsi.

Jika soal bola bisa disepakati bentuknya BULAT, maka untuk sebuah KEBENARAN, aku kira tidak sekedar BULAT saja untuk menggambarkannya, tapi ia juga harus bernilai MUTLAK.

Bukan bermaksud untuk men-doktrin-kan ‘sesuatu’, hanya ingin mengajak sedikit berfikir untuk menyikapi ‘sesuatu’ dengan mempertimbangkan sudut pandang/ persepsi lain yang tentunyaada disekitar kita.


Jadi menurut kalian bola itu bulat atau bundar sih??

Isi komentar kalian di kotak komentar bawah ini yah...


-Matur Nuwun-