Wednesday, March 2, 2011

Bulan Film Nasional Semarak Dibulan Maret


Ingatkah Anda, bahwa Maret merupakan Bulan Film Nasional? Untuk menyemarakkannya, Kineforum dan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) akan memutar 45 film Indonesia sepanjang Maret 2011. Selain itu, akan digelar juga pameran sejarah bioskop, diskusi dan klinik kritik film.

Semua acara tersebut berada di bawah payung ‘Sejarah Adalah Sekarang 5′. Angka 5 merujuk pada usia gelaran tersebut, yang memang telah memasuki tahun ke-5. Acara tersebut merupakan upaya generasi saat ini untuk memaknai kembali masa lalu. Apa yang istimewa tahun ini?


“Tahun ini Kineforum menampilkan hasil kuratorial dari para programmer muda yang baru pertama kali melakukan pembacaan terhadap film-film Indonesia klasik dan mempresentasikannya ke hadapan publik,” tutur Staf PR DKJ Sakya Anindhita Wiradisuria dalam rilis yang diterima redaksi Detikhot, Selasa (1/3/2011).


Pemutaran film akan dibagi dalam 9 program, yakni Body of Works yang menampilkan karya-karya Usmar Ismail, Festival Film 80-an khusus film-film keluarga, Superhero, Bukan Sekedar Profesi, Warna-warni Perempuan, Peran Pemeran, Film Anak Indonesia dan Dokumenter Musik Indonesia. Lengkap, bukan?


Di program Superhero misalnya, penonton bisa menyaksikan film-film kepahlawanan lokal dari ‘Gundala Putera Petir’ (1981) hingga ‘Madame X’ (2010). Sedangkan di program Bukan Sekedar Profesi antara lain ada film pemenang Piala Citra 1990, ‘Taksi’ hingga ‘Janji Joni’ (2005).


Selain pemutaran film, digelar juga pameran Sejarah Bioskop dan Kebijakan Film di Indonesia. “Tahun ini kami ingin menonjolkan pembacaan terhadap kebijakan film dan menerapkan kajian sejarah untuk memahami persoalan hari ini,” ujar Sakya.