Wednesday, February 23, 2011

Brunei Minta Tenaga Ahli Indonesia Kembangkan Lahan Gambut

20110224 123041 sus2 Brunei Minta Tenaga Ahli Indonesia Kembangkan Lahan Gambut

Foto : Menteri Pertanian—ANTARA/Yudhi Mahatma/ip

JAKARTA: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta rombongan akan bertolak ke Brunei Darussalam dalam rangka kunjungan kenegaraan, Kamis (24/2). Menteri Pertanian Suswono termasuk dalam rombongan tersebut.

Menurut Suswono, Brunei akan meminta tenaga ahli Indonesia mengembangkan lahan gambut untuk pertanian padi di negara tersebut. Permintaan itu rencananya akan ditindaklanjuti dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU).

“Jadi, Brunei meminta tenaga ahli kita yang bisa mengembangkan lahan gambut tersebut untuk pertanian padi. Karena sebagian lahan di Brunei adalah lahan gambut,” kata Suswono di Komplek Istana Kepresidenan, Rabu (23/2).

“Nanti akan ditandatangani MoU. Ini payungnya dulu untuk menentukan ruang lingkup kerja sama. Pertama pada bidang capacity building melalui training, study visit, dan transfer teknologi, serta training dan seminar,” lanjutnya.

Ia juga berharap kunjungan itu bisa menarik Brunei berinvestasi di Indonesia, terutama di bidang peternakan sapi. Tujuannya untuk pemenuhan kebutuhan daging di Indonesia. (OL-5)